Selasa, 25 April 2017

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo, Asus, Acer, HP, Dell Dan Toshiba

Cara umum untuk masuk ke sistem BIOS adalah dengan menekan tombol ESC atau DEL atau DELETE pada keyboard berulang-ulang segera setelah tombol Power laptop ditekan, atau tepat saat laptop baru mulai melakukan proses booting, kemudian baru pilih Enter Bios Setup. Namun bisa juga dicoba metode-metode lainnya sesuai keinginan.


Apa Itu BIOS ?

BIOS adalah singkatan dari Basic Input/Output System yang berfungsi untuk mengatur dan memeriksa fungsi dari hardware pada laptop ataupun komputer. Di dalam sistem BIOS ini terdapat konfigurasi dasar laptop diantaranya  tanggal, waktu, konfigurasi HDD, konfigurasi proses booting, kinerja dan juga kestabilan kerja laptop. Jadi sebelum masuk ke Sistem Operasi laptop (misalnya Windows), laptop terlebih dahulu memeriksa dan membaca pengaturan dasar laptop. Andai HDD laptop mengalami kerusakan cukup parah, laptop biasanya tidak bisa memuat OS yang terinstal tapi akan langsung diarahkan ke menu BIOS laptop. American Megatrends/AMI, InsydeH20 dan Phoenix adalah beberapa contoh sistem BIOS yang banyak digunakan oleh vendor laptop yang beredar di Indonesia.
Cara-Masuk-BIOS-Laptop-Lenovo, Asus, Acer, HP,  Dell Dan Toshiba

Masuk ke sistem BIOS diperlukan misalnya untuk melakukan proses booting melalui USB. Booting melalui USB flashdisk memiliki banyak tujuan, saya sendiri menggunakan fitur ini untuk mencoba ‘rasa’ beberapa distro OS Linux dengan memanfaatkan fitur Live USB.

Cara Masuk BIOS Laptop Lenovo :

Dalam kondisi mati, pencet tombol Power lalu secepatnya tekan dan tahan tombol fn kemudian tekan berulang-ulang F2 pada keyboard. Atau bisa mencoba Tekan dan tahan dua tombol fn + F2 pada keyboard baru kemudian pencet tombol Power sampai menu BIOS muncul.

Cara Masuk BIOS Laptop Asus :

Dalam kondisi mati, tekan tombol Power laptop, segera setelah itu itu secepatnya tekan berulang-ulang tombol F2 sampai laptop menampilkan menu BIOS. “Tekan berulang-ulang” maksudnya adalah tekan-lepas-tekan-lepas-dan seterusnya dengan cepat tombol F2 pada keyboard. Jika metode itu tidak berhasil, kemungkinan Anda kurang cepat ketika menekan tombol F2 setelah memencet tombol Power, jadi silahkan ulangi lagi langkah di atas. Atau Anda bisa mencoba alternatif lain : Tekan dan tahan F2 baru kemudian pencet tombol Power laptop. Laptop Asus yang masih kosong atau DOS biasanya setelah Anda menekan F2 akan lansung tampil menu BIOS-nya.

Cara Masuk BIOS Laptop Acer :

Pencet tombol Power laptop Acer Anda, lalu secepatnya tekan tombol F2 berulang-ulang ATAU tekan dan tahan tombol F2 pada keyboard baru kemudian pencet tombol Power. Jangan lepaskan tombol F2 sampai menu BIOS muncul di Layar.

Cara Masuk BIOS Laptop HP :

Tekat tombol Power lalu secepatnya tekan tombol F10 berulang-ulang sampai menu BIOS muncul ATAU tekan dan tahan tombol F10 baru kemudian pencet tombol Power. Untuk booting melalui USB atau DVD/CD ROM, tekan tombol F9 setelah memencet tombol Power. Alternatif lainnya pencet tombol ESC berulang-ulang segera setelah Anda memencet tombol Power, setelah itu baru tekan F10 untuk masuk BIOS atau F9 untuk booting melalui USB.

Cara Masuk BIOS Laptop Dell dan Toshiba :

Dalam kondisi mati, tekan tombol Power laptop lalu secepatnya pencet berulang-ulang tombol F2 sampai menu BIOS muncul di layar ATAU tekan dan tahan tombol F2 baru kemudian pencet tombol Power. Tetap tekan dan tahan F2 sampai di layar laptop menampilkan menu BIOS.

This Is The Newest Post

1 komentar so far

Wah, Info dan Tips yang sangat membantu dan bermanfaat bagi saya. Sekarang saya sudah tidak bingung lagi kalau ingin masuk ke BIOS di berbagai Laptop. Terimakasih

Izin share blog ya
Jangan lupa kunjungi blog sederhana saya di
www.ahmadsi2b.blogspot.com

dan kunjungi pula
www.atmaluhur.ac.id


EmoticonEmoticon